Jenis-jenis banjir dan cara penanganannya

Banjir merupakan salah satu masalah klasik yang kerap dihadapi oleh wilayah-wilayah perkotaan permasalahan ini pun kini sudah menjadi semakin meningkat. Tentu saja ini akan menjadi sebuah hal yang amat bermasalah bagi kebanyakan orang meskipun mereka sudah mampu untuk mengatasi masalah tersebut dengan bermacam cara konservasi air dan bahkan biopori. Aktivitas manusia yang cenderung mengubah sistem ekologi di wilayah sungai akan berdampak pada hidrologi lingkungan dan di masa depan akan mengakibatkan sering terjadinya banjir. Ada juga masalah yang muncul karena ada kegiatan penggundulan hutan terutama pada daerah aliran sungai.

Banjir bervariasi dalam tingkat keparahan dari segi daerah tingkat atau besaran dan secara mendalam. Pada umumnya, banjir diklasifikasikan sebagai banjir kecil atau besar. Bila mengenai banjir kecil, ini dapat dikarenakan genangan atau mungkin tidak karena overbanking. Banjir tersebut biasanya terbatas pada banjir dataran sungai sepanjang saluran air. Sebenarnya ini bukan masalah besar karena sudah dapat dicegah dengan biopori atau sumur resapan air. Banjir biasanya dangkal dan mungkin tidak ada aliran yang terlihat.

Selanjutnya adalah banjir besar. Selama banjir besar, banjir disebabkan oleh luapan sungai, danau, bendungan dan struktur pelindung lainnya. Banjir menutupi area yang berdekatan luas dan menyebar dengan cepat ke daerah sekitarnya yang memiliki ketinggian yang relatif lebih rendah. Banjir relatif lebih parah di sebagian besar daerah yang terkena bencana. Apabila mengenai durasi, banjir memakan waktu biasanya dari 12 sampai 24 jam atau bahkan lebih lama.

Meskipun di beberapa wilayah khususnya wilayah perkotaan yang sanitasinya kurang baik kerap kali kedatangan banjir, namun sesungguhnya air bukanlah sesuatu hal yang kita dapatkan secara gratis sehingga kita dapat menggunakannya sembarangan. Air adalah sumber kehidupan yang bermakna oleh karenanya orang bijak adalah orang yang dapat menghargai air dengan cara melakukan penghematan air dalam segala aktifitas yang berhubungan dengan menggunakan air seperti mandi, mencuci dan lain sebagainya karena metode sederhana ini sesungguhnya bentuk lain dari penghematan energi dan biaya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s