Ultrabook Terbaru

Bergesernya era notebook kepada perangkat ultrabook tentu membawa dampak positif yang sangat besar bagi masyarakat. Bentuk yang lebih tipis dengan desain yang minimalis sekaligus kaya akan ragam fitur tentu saja membuat pasar perangkat portable jenis komputer jinjing ini beralih. Tak terkecuali Samsung yang tak ketinggalan dalam meramaikan pasar ultrabook terbaru. Samsung merupakan salah satu produsen gadget yang berhasil memiliki pangsa pasar terbesar di dunia kelas smartphone dan rupanya juga ingin mengambil porsi dalam hal ultrabook. Terbukti dengan dirilisnya ultrabook Series 5 dan Series 7 dengan kapasitas penyimpanan berupahard disk sebesar 500 GB hingga 1 TB, plus 16 GB solid-state drive (SSD).

Dibandingkan dengan produsen yang bergerak di bidang yang sama, bisa dikatakan Lenovo merupakan salah satu produsen yang mampu menyaingi Samsung dalam hal ide untuk menyediakan kapasitas penyimpanan internal yang seluas itu. Dengan kapasitas sebesar itu tentu Samsung menjamin user yang menggunakan ultrabook terbaru itu tidak lagi memerlukan tambahan HDD eksternal ataupun media penyimpanan lainnya karena dengan space sebesar itu sudah mampu untuk mencukupi apapun yang ingin disimpan penggunanya.

Samsung merilis dua versi, yaitu Series 5 yang menggunakan layar 13,3 inci dan 14 inci. Sedangkan layar yang diusung oleh Samsung kepada Ultrabook terbaru miliknya ini merupakan jenis baru yang bernama anti-reflective screen yang memiliki tingkat kecerahan hingga 300nit atau dengan kata lain, layar ini memiliki kecerahan sebesar 40 persen lebih terang jika dibandingkan dengan penggunaan layar pada notebook konvensional. Hebatnya lagi, bahkan penggunanya tetap bisa melihat tampilan dengan sangat baik meskipun berada dibawah cahaya dengan intensitas kuat secara langsung.

Selain memiliki kapasitas penyimpan jumbo, kinerja notebook dengan prosesor Intel i5 generasi kedua ini lebih gesit. Contohnya, hanya butuh 20 detik untuk mengaktifkan laptop dari posisi mati. Adapun tempo untuk bangun dari mode Sleep hanya 2 detik.

Tampilan Luar
Dari tampilan luar, Samsung Series 5  dan series 7 sudah dilapisi bahan aluminium sedangkan pada bagian bawah atau yang dikenal dengan lower case telah menggunakan fiber glass yang terkesan glossy. Salah satu alasan mengapa Samsung menggunakan material jenis ini adalah agar ultrabook ini tetap kuat namun sekaligus ringan saat dibawa-bawa.

Seperti ultrabook pada umumnya, Series 5 dan Series 7 telah mengadopsi desain unibody yang mana hanya sedikit saja menggunakan pengait berupa baut dan celah. Artinya, baterai tak bisa diganti ketika sudah aus. Untuk menyikapi hal ini tentunya Samsung telah membenamkan sebuah teknologi bernama Samsung Life Plus yang dimana baterai ultrabook terbaru ini memiliki ketahanan hingga dua kali lipat jika dikomparasi dengan baterai biasa.

Bobot merupakan salah satu concern dari Samsung. Masyarakat pada saat ini cenderung memilih sebuah perangkat yang ringang, portable sekaligus multifungsi. Hal itu pula yang menjadi inspirasi Samsung Series 5 yang memiliki berat hanya 1,39 kilogram. Posisi papan ketik dan penampang telapak tangan di sisi touch pad juga sangat ergonomis dan dengan posisi yang pas.

Harga yang dibanderol untuk sebuah unitnya adalah Rp 8,5 juta. Dengan range harga segitu, bisa dikatakan jika Ultrabook terbaru Samsung menyasar pasar para profesional muda yang memiliki pekerjaan yang mobile dan tak terbatas ruang waktu serta selalu terkoneksi ke Internet setiap waktu.

SPESIFIKASI 530U3B (13,3 inci)

Sistem operasi: Windows 7 Home Premium
Prosesor: Intel Core Ultra Low Voltage i5
Prosesor Grafis: Intel HD
Memori Sistem: 4 GB DDR3
Hard Disk: 500 GB + 16 GB iSSD
Layar: 13,3 inci
Konektivitas: Ethernet; Wi-Fi; Bluetooth
Baterai: Li-Polymer 45 Wh
Dimensi: 315,1 x 218,9 x 14,9 mm
Berat: 1,39 kg
Harga: mulai Rp 8,5 juta
Lainnya: 1 x USB 3.0; 2 x USB 2.0; HDMI; earphone/mic, SD card

SPESIFIKASI 530U4B (14 inci)
Sistem operasi: Windows 7 Home Premium
Prosesor: Intel Core Ultra Low Voltage i5
Prosesor Grafis: AMD Radeon
Memori Sistem: 4 GB DDR3
Hard Disk: 1 TB + 16 GB iSSD
Layar: 14 inci
Konektivitas: Ethernet; Wi-Fi; Bluetooth
Baterai: Li-Polymer 45,3 Wh
Dimensi: 333 x 229,5 x 20,9 mm
Berat: 1,79 kg
Harga: mulai Rp 8,5 juta
Lainnya: 2 x USB 3.0; 1 x USB 2.0; HDMI; earphone/mic, SD card

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s